Selasa, 03 November 2009

Memulai Gaya Hidup Sehat

Bagaimana cara anda untuk tetap sehat dan fit secara fisik? Ada tiga faktor yang berkontribusi:

(1) makan dengan pola makan yang tepat;
(2) olahraga teratur; dan
(3) tidur yang cukup dan mengistirahatkan tubuh.

Berikut beberapa contoh untuk menjaga kondisi kesehatan yang baik dan memiliki fisik yang sehat:

• Untuk tetap sehat, anda harus memberi tubuh anda jumlah nutrisi, vitamin, dan mineral yang tepat yang kebanyakan diperoleh dari buah dan sayuran. Tapi jangan batasi konsumsi makanan anda hanya pada buah dan sayuran karena tubuh membutuhkan protein dan karbohidrat juga. Ikuti rekomendasi pemasukan nutrisi harian dari piramida makanan.

• Pastikan anda minum banyak cairan, lebih baik air. Tubuh anda membutuhkan air untuk membuang racun dan zat-zat berbahaya lainnya. Air juga membantu sistem dalam tubuh anda berfungsi dengan baik. Ketika tubuh anda kehilangan air, metabolisme andaakan terpengaruh dan akan melambat. Kekurangan air dalam tubuh juga akan membuat anda lesu dan dehidrasi. Air dianggap sebagai agen pembersih yang paling baik dan aman.

• Melakukan olahraga teratur yang akan membuat tubuh anda bergerak. Dengan berolahraga, anda meningkatkan tingkat metabolisme yang bertanggung jawab membakar kalori yang tidak diperlukan dan mengatur pencernaan makanan. Anda tidak perlu memulai dengan olahraga yang berat, anda bisa memulai dengan langkah ringan setiap hari. Kepatuhan adalah kuncinya.

• Tidur lebih baik. Studi membuktikan ada korelasi antara tidur dengan
metabolisme. Kurang tidur mengakibatkan metabolisme melambat. Tidur yang cukup akan membuat anda meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu anda membakar lebih banyak kalori dan mengurangi berat badan.

• Rilekkan tubuh anda. Tubuh anda membutuhkan rileksasi dan istirahat dari waktu ke waktu. Inilah waktu tubuh memperbarui vitalitasnya dan memberi anda energi untuk beraktivitas. Bahkan 15 sampai 20 menit sangat berguna untuk merevitalisasi tubuh anda.

• Jalani gaya hidup sehat dan hindari begadang. Berhenti merokok dan kurangi minum alkohol.

Ada banyak manfaat untuk mejadi lebih sehat dan fit. Hanya butuh keteguhan dan disiplin untuk melakukan kebiasaan baik berolahraga dan diet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar